v Definisi
Teori game adalah suatu model matematika yang diterapkan
untuk menganalisa situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan
sehingga dapat mengambil suatu keputusan.
Contoh :
- Catur
- Nokia vs Samsung
- Penjual dan Pembeli
v Tujuan Model Game
Tujuan dari model permainan
adalah mengidentifikasi strategi atau
rencana optimal untuk setiap pemain
v Asumsi – Asumsi Teori Game
1.
Setiap pemain memiliki strategi yang
berhingga banyaknya (finite), dan mungkin berbeda dengan pemain lainnya.
2.
Setiap pemain bersikap rasional yaitu berusaha
memilih strategi yang memberikan hasil paling optimal bagi dirinya, berdasarkan
payoff dan jenis game yang dimainkan.
v Model Game
·
Klasifikasi berdasarkan jumlah pemain:
§ Game dua-pemain (2-person)
§ Game N-pemain (N ≥ 3)
· Klasifikasi berdasarkan jumlah
keuntungan dan kerugian:
§ Game
jumlah-nol (zero-sum game)
Jumlah payoff dari setiap pemain sama dengan
nol. Untuk game dengan 2 pemain, besar keuntungan di satu pihak sama dengan
besar kerugian di pihak lain.
§ Game
bukan jumlah-nol (non zero-sum game)
Jumlah payoff dari setiap pemain tidak sama
dengan nol. Untuk game dengan 2 pemain, besar keuntungan di satu pihak tidak
sama dengan besar kerugian di pihak lain.
· Klasifikasi berdasarkan jumlah
strategi:
§ Game strategi-murni (pure-strategy game)
§ Game strategi-campuran (mixed-strategy game)
· Klasifikasi berdasarkan urutan
(giliran) bermain:
§ Game
sekuensial
Pemain melakukan tindakan secara bergantian.
Pemain berikutnya mengetahui tindakan yang diambil oleh pemain sebelumnya
(mungkin secara tidak utuh).
§ Game
simultan
Pemain melakukan tindakan secara bersamaan.
Pada saat mengambil tindakan, pemain yang terlibat tidak mengetahui tindakan
yang dipilih oleh pemain lainnya. Dalam hal ini jeda waktu pengambilan tindakan
antara sesaa pemain tidak berpengaruh terhadap pilihan yang diambil oleh pemain
ybs.
· Klasifikasi berdasarkan
kesempurnaan informasi:
§ Game
dengan informasi sempurna
Pemain mengetahui dengan pasti tindakan yang
diambil oleh lawannya, sebelum ia memilih tindakan → asumsi ini hanya dapat
dipenuhi oelh game sekuensial.
§ Game
dengan informasi tidak sempurna
Pemain tidak mengetahui tindakan yang dipilih
lawannya sebelum permainan berakhir.
· Klasifikasi berdasarkan
kelengkapan informasi:
§ Game
dengan informasi lengkap
Pemain mengetahui payoff lawannya.
§ Game
dengan informasi tidak lengkap
Pemain tidak memiliki informasi lengkap
tentang payoff lawannya.
· Klasifikasi berdasarkan adanya
kesepakan (komitmen):
§ Game
kooperatif :
Para pemain membuat komitmen yang mengikat (binding commitment) untuk meningkatkan
outcome mereka.
§ Game
nonkooperatif :
Para pemain tidak membuat
komitmen yang mengikat.
v
Payoff
· Payoff adalah
angka yang menunjukkan hasil dari strategi permainan yang diinginkan oleh ybs.
Hasil ini dinyatakan dalam bentuk ukuran efektivitas, seperti uang, persentase
market share, atau kegunaan.
·
Dalam suatu
permainan, payoff dapat dipresentasikan dalam bentuk matriks payoff.
· Untuk permainan
dua-pemain bukan-jumlah-nol (2-person non-zero-sum game), payoff
direpresentasikan dalam bentuk bimatriks.
·
Untuk permainan
dua-pemain jumlah-nol (2-person zero-sum game), payoff direpresentasikan dalam
bentuk matriks dan atau bimatriks.
v Strategi
- Strategi permainan adalah rangkaian rencana kegiatan yang menyeluruh dari pemain ybs, sebagai respon atas aksi yang mungkin dilakukan oleh pemain lain (pesaingnya).
- Suatu strategi dikatakan dominan bila setiap payoff dalam strategi adalah superior terhadap setiap payoff yang berhubungan dalam suatu strategi alternative. Aturan dominan ini dapat digunakan untuk mengurangi ukuran matriks payoff dan upaya perhitungan.
- Strategi Optimal adalah rangkaian rencana kegiatan menyeluruh yang menyebabkan seorang pemain dalam posisi yang paling menguntungkan tanpa memperhatikan kegiatan-kegiatan pesaingnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar